5 Penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung




5 Penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung-Selamat datang kembali Di Tutorial Amin blog personal seputar tutorial blogging,tips blogging,dan template seo.Traffic ,visitor,dan pengunjung adalah orang yang mengunjungi blog kita untuk membaca konten yang kita sajikan.Setiap blogger pasti berharap agar pengunjung blog mereka ramai.Namun terkadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan mereka.blog mereka malah sepi,bahkan dibawah rata-rata pageview.Mungkin jika anda juga termasuk blogger yang blognya sepi pengunjung anda pasti sering bertanya-tanya kenapa blog anda sepi pengunjung? disini saya akan memberikan jawaban dari pertanyaan anda tersebut.
Setiap blogger akan melakukan apa saja demi mendapatkan traffic blog yang tinggi bahkan jika harus mengeluarkan biaya.karena semakin banyak traffik yang mereka dapat semakin banyak pendapatan(earnings) mereka sehingga dapat menutupi pengeluaran mereka.
Berikut 5 penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung

1.Mengganti Nama Domain
Penyebab yang paling utama blog anda sepi pengunjung adalah karena anda mengganti nama domain anda,sama seperti saya sebelumnya saat blog ini berdomain http://tutoramin.blogspot.com blog ini memiliki visitor 1200 ke atas ,namun setelah saya mengganti menjadi www.tutorialamin.com  visitor blog ini menurun menjadi 500 ke bawah setiap harinya.hal itu karena blog tersebut akan terhitung mulai dari nol lagi dan seluruh data-data yang diindex oleh Search Engine pun akan berganti dan harus mulai dari awal lagi.dengan mengganti domain gratisan ke domain berekstensi ,orang/pengunjung yang membuka domain gratisan anda akan dialihkan ke domain baru anda sehingga anda akan tetap mendapatkan pengunjung.

Namun jika anda mengganti nama domain anda dari nama.domain.blogspot.co.id menjadi nama.baru.blogspot.co.id yang sama-sama tidak berbayar.anda harus melakukan submit ke google dan promosi dari awal lagi karena pengunjung yang datang ke domain lama anda tidak dialihkan ke domain baru anda melainkan anda akan dibawa ke halaman seperti berikut

sehingga blog anda sudah jelas tidak akan ada pengunjung satupun jika anda tidak segera melakukan promosi.

2.Blog Terkena Penalty Oleh Google
Satu hal lagi yang dapat menyebabkan blog anda sepi pengunjung ialah karena blog anda terkena penalty oleh google.terkadang banyak juga blogger yang nekad melakukan hal-hal yang dilarang oleh pihak google demi mendapatkan traffic dan pageone. mereka beranggapan bahwa google tidak akan mengetahui kecurangan yang mereka lakukan.mereka sangat salah ,kalau dulu memang benar google memang belum mempunyai prajurit,tetapi sekarang google sudah mempunyai prajurit yang sangat sigap yaitu google panda dan pinguin.akhirnya mereka terkena penalty dari pihak google.Biasanya pemicu utama blog mendapat penalty dari Google adalah hasil dari Optimisasi yang sangat berlebihan. Contohnya seperti melakukan penanaman backlink yang banyak dalam waktu yang singkat sehingga terindikasi spam oleh robot Google dan mendapat penalty Google Sandbox.namun penalty itu belum seberapa yang terberat ialah blog anda dihapus oleh google.oleh karena itu jangan pernah melakukan hal-hal yang dilarang oleh google.

3. Volume Persaingan Meningkat
semakin maju teknologi,maka semakin meningkat persaingan antar blogger seperti persaingan visitor.Dunia blogging yang semakin pesat akan membuat persaingan menjadi sangat ketat.  peluang blog yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah memang telah membuat banyak orang tertarik menggeluti blogging. Maka dari itu meningkatnya persaingan blog juga berpotensi untuk menggeser posisi blog Anda di SERPs, dan secara teknis kondisi ini akan membuat blog Anda kehilangan trafik dalam jumlah yang signifikan.terlebih lagi bagi kami yang memiliki niche blog Tutorial blogging.
untuk mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu;

a.)posting rutin dan berkualitas
Kalau anda main ke situs-situs komunitas blogger.. banyak yang akan bertanya bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung blog.
Lalu ini jawaban yang sering muncul:
Buat artikel minimal sekali sehari, lebih banyak lebih baik“.
mereka tidak salah tetapi kurang tepat seharusnya mereka menjawab
"Buat artikel rutin tetapi berkualitas".
Rutin bukan berarti setiap hari,rutin bisa berarti 1 minggu sekali,2 minggu sekali,atau bahkan 1 bulan sekali.itu tidak masalah namun yang dibuat adalah artikel yang benar-benar berkualitas sehingga banyak orang yang terbantu dan membutuhkan artikel itu.

b.) Tingkatkan Promosi
kalau traffik blog anda dibawah traffik blog orang lain,yang memiliki niche dan konten yang sama itu artinya anda kalah promosi atau promosi anda belum efektif.untuk itu segera tingkatkan promosi anda agar anda tidak kalah bersaing dengan lawan-lawan anda.

4.Anda Kurang Riset Keyword
sebelum anda membuat artikel,sebaiknya anda mencari kata kunci yang benar-benar sering dicari oleh banyak orang .sehingga artikel anda akan lebih banyak dibaca atau dicari oleh orang-orang.dan sebaiknya dalam menentukan keyword saya sarankan agar tidak membuat keyword yang terlalu panjang.maksimal 4 kata. sebagai contoh:
Judul:Cara Meningkatkan Traffic blog Mudah Dalam 1 Jam
Keyword:-meningkatkan-pengunjung-blog
kenapa saya sarankan agar membuat keyword yang tidak terlalu panjang,karena orang lebih suka mencari artikel dengan keyword yang singkat.
tetapi lebih baik jika ditambahkan kata depan seperti cara,tutorial,teknik,tips
menjadi:cara-meningkatkan-pengunjung-blog
silahkan cari keyword tersebut di google.
 ada sekitar 226.000 hasil dalam 0,40 detik.persaingan yang sangat ketat sekali.
jadi dapat disimpulkan bahwa riset kata kunci sangat berpengaruh bagi traffic blog,sehingga jika anda kurang riset keyword traffik blog anda akan menurun.



5.Tidak Konsisten dalam Membuat Konten 

Penyebab pertama adalah tidak teratur dalam mengelola update artikel. hal ini sering menjadi pokok pembahasan, melihat lonjakan pengunjung blog saya tidak yakin kalau anda tidak update. pastinya kalau traffic pengunjung tinggi kita akan ekstra update bahkan bisa di katakan kalau biasanya update seminggu tiga atau dua kali namun ketika melihat lonjakan traffic update artikel lebih ekstra bahkan dalam sehari bisa membuat konten sebanyak lima kali. ini yang sering saya temukan, ya kita maklumi saja karena yang di harapkan dalam mengelola situs adalah traffic tanpa adanya traffic bisa di ibaratkan punya tubuh tapi tidak mempunyai urat nadi.

Apakah hal ini berpengaruh akan menambah banyak traffic? tidak akan menambahkan traffic makin tinggi karena kita tidak tahu penyebab lonjakan tersebut dari mana datangnya bisa karena perubahan algoritma atau yang lain, pada umumnya lonjakan ini disebabkan oleh perubahan algoritma itu yang pasti. nah bicara tentang konsisten tentu saja berkaitan dengan penjadwalan. ini yang sering tidak kita perhatikan. dan penyebab utama turunnya traffi pengunjung adalah anda tidak pernah menjadwalkan posting artikel. ini salah satu penyebab traffic akan turun. lalu apakah kita harus update setiap hari? tidak karena itu bukan pilihan yang terbaik namun seperti yang saya katakan adalah berlaku konsisten beri jadwal dalam membuat artikel, karena kalau kita terburu-buru untuk membuat konten biasanya konten yang di hasilkan tidak mempunyai kualitas dan tidak mempunyai nilai bobot yang tinggi. seperti yang sudah saya katakan berlaku konsisten adalah jalan terbaik. untuk mendapatkan traffic pengunjung secara signifikan. selain konten yang mempunyai bobot tinggi tentunya frase keyword yang dihasilkan akan lebih baik dan akan menemui sasaran yang tepat. inilah yang sering di lupakan oleh para pemilik blog atau situs web.

Namun jangan khawatir..saya mempunyai sedikit solusi untuk meningkatkan kembali traffik blog anda..

Menurut Mas Darmawan Dari PanduanIM,ada 19 cara meningkatkan pengunjung blog yaitu:
1.Sediakan Konten Yang Berpotemsi Viral
2.Aktif di Facebook Groups
3.Aktif di Google Community
4.Temukan Forum Yang Relevan
5.Aktif di Situs Tana Jawab
6.Jalin Hubungan Dengan Blogger Lain
7.Beritahukan Konten Unggulan Kepada Influencer
8.Ubah Format Judul Supaya Menarik Untuk di-Klik
9.Gunakan Minimal 1 Gambar Untuk Meningkatkan Klik
10.NewsJacking
11.Buat Konten Tentang Kumpulan Artikel/Blog
12.Kumpulkan Email Para Pembaca Loyal
13.Pilih Keyword Dengan Volume Pencarian Tinggi
14.Kumpulkan Keyword Turunan
15.Buat Konten Unggulan Yang Bisa Mendatangkan Backlink
16.Optimasi Artikel Untuk Mesin Pencari
17.Sediakan Asset Yang Mengundang Backlink
18.Lakukan Link Building
19.Aplikasikan Teknik Seo Proaktif Untuk Meningkatkan Rangking

untuk lebih jelas silahkan lihat artikelnya di blog PanduanIM

Sekian dari saya...semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda..Jangan Lupa simak terus Tutorial Amin untuk dapat artikel terbaru mengenai blogging.

Terima kasih telah membaca artikel"5 Penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung"baca juga artikel-artikel menarik lainnya.

Bagaimana Pendapat Anda?

5 Penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung 5 Penyebab Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung Reviewed by Unknown on 22.37.00 Rating: 5

2 komentar

Peraturan Berkomentar
1)Berkomentar dengan sopan dan bijak
2)Dilarang Spam
3)Dilarang Meletakkan Link Aktif
4)Dilarang Berkata Kasar

Press